Sang emak sedang beraksi di dapur. Jreng jeeeng..! Kemudian datanglah seorang anak kecil yang memeluk kaki sang emak dari belakang, eh ternyata anak kecil minta gendong. Tujuannya adalah ingin melihat isi wajan seperti biasa. Benarkah itu tujuan utamanya? Tidak. Anak kecil berusaha menggapai spatula dan ingin mengaduk masakan di dalam wajan. Tapi misi ini belum pernah berhasil, kalaupun berhasil pasti wajan dalam keadaan kosong dan kompor tidak menyala. Kasiannn si anak kecil..

Anak kecil mempelajari berbagai hal melalui pengamatan dan akan dituangkan pada perilaku yang sepintas akan sama dengan apa yang mereka tiru. Begitu pula dengan kebiasaan yang ia lihat sehari-hari.

Hari ini kebetulan papahnya Afif di rumah dan saya berkesempatan untuk berlama-lama di dapur. Berkali-kali ia ke dapur dan berharap bisa ikut memasak, namun salalu gagal karena keinginan yang cukup ekstrim dan berhahaya. Dengan demikian papahnya haris lebih kreatif mengalihkan perhatiannya. Sampai pada satu kesempatan saat saya mencuci piring. Sepertinya si papah sudah kelelahan mengejar dan meladeni anak aktif ini berlari-larian dan memaksa agar papahnya olahraga. Hehe

Tanpa disadari Afif sudah di belakang saya yang sedang mencuci piring dengan tangan penuh sabun, sementara Afif sudah memegang  teflon kecil yang digantung di sisi dinding di bawah wastafel.

“Praankk..!” Teflon jatuh dan saya kaget. Akhirnya saya suruh Afif membawa teflon itu ke ruang tengah. Saya tidak tau pasti apakah ia mengerti atau tidak dengan perkataan saya, tapi ia menuruti dan membawa teflon itu ke depan. Saya cuci tangan dan mengikuti serta memperhatikan apa yang akan ia lakukan. Ternyata ia memasukkan beberapa blok ke dalam teflon kemudian mengaduk-ngaduknya menggunakan sendok nasi yang sedari tadi memang sudah diambilnya dari rice cooker.

Kami hanya tertawa sekaligus heran plus takjub melihat anak bayi yang tadinya masih sangat kecil dan belum bisa apa-apa, sekarang semakin bertumbuh dan semakin sering membuat orang tuanya terheran-heran. Sesungguhnya belum banyak hal yang kami ajarkan kepada anak, kami hanya berusaha memberi contoh dan menemaninya bermain. Justru saat ini saya sedang mempelajari pola belajar anak saya sehingga nantinya saya mengerti tentang metode belajar yang akan ia sukai serta mudah pula kami ajarkan.

#tantanganHariKe8
#kuliahBunSayIIP3
#gameLevel3
#kamiBisa

Like