Siang hari ini rumah dipenuhi suara menggema si kecil yang terus-menerus berseru “mannaa..!?” Ya, hari ini satu kata bertambah.

Tadi siang saya mencari si kecil dan bertanya, “Afif di mana?, Minumnya taruh di mana? Mainannya mana?” Antara sadar dengan tidak, saya sering menanyakan barang-barang yang memang suka dipindahkan olehnya ke tempat lain. Mungkin karena keseringan mendengar kata “mana” dan timing yang tepat pula, tiba-tiba Afif meniru perkataan bundanya yang bertanya “mana..?”

Sambil asyik bermain, selama itu pula kata-kata tersebut diulang-ulang, serta kata-kata lain yang tidak jelas artikulasinya, namun terdengar lucu dan menggemaskan. Afif seolah sedang berbicara dengan bahasanya sendiri. Momen tersebut membuat saya tidak dapat menahan diri untuk merekamnya, dan benar saja, ketika sedang merekam, Afif segera mengejar gadget yang saya gunakan, dan tujuannya adalah ingin melihat apa yang ada di layar.

Afif mengira saya sedang video call dengan acik (makcik/bu lik) dan alung (mak long/bu de) nya, sehingga saya harus menggunakan kamera depan untuk merekamnya. Namun si kecil malah bertingkah seolah sedang VC (video call) dengan mereka yang dipanggil “Ajjaa” oleh Afif, kemudian berteriak “Manna..!” Berkali-kali.

Hampir setiap hari mereka VC, acik dan alung khawatir jika jarang VC, Afif bisa lupa pada mereka. Hehe.. Selain VC, mereka juga sering telponan. Afif begitu pandai bertingkah layaknya orang yang benar-benar bebicara serius ditelp. Hp diletakkan di telinga dan ia sambil berjalan mondar mandir berbicara menggunakan bahasa planet.

Demikian hal yang ingin saya ceritakan hari ini, bermain seperti biasa dengan munculnya satu kata baru “Mannaa!”

Oh ya, tentang bermain… Hmmm, Afif masih belum sepenuhnya fokus dengan mainan, ia lebih suka menyerakkan permainannya rata ke seluruh ruangan, dan ketika keinginannya muncul, ia akan mengembalikan bagian2 mainan tersebut ke tempat mainannya terkumpul. Kalau tidak, saya yang pusing sendiri menebak kemana ia meletakkan benda-benda itu.

#tantanganHariKe5
#kuliahBunSayIIP3
#gameLevel3
#kamiBisa

Like