Patterns Blocks yang Afif punya sebenarnya untuk anak usia 2 tahun ke atas, akan tetapi karena si kecil tertarik dan anteng bermain, ya saya rasa itu aman selagi selalu ditemani oleh orang tuanya. Nah, hal yang lebih penting adalah, permainan ini bisa melatih fokus dan membuat anak lupa dengan gadget. Hehe

Apakah Afif bisa bereksplorasi dengan permainan ini secara baik? Ya tentu, dengan segala kreativitas yang dia punya, mainan tersebut bukannya dimainkan, melainkan setiap part-nya di pisahkan dan diletakkan di beberapa area berbeda di dalam rumah. Ternyata ini gaya bermain ala Afif. Saya hanya bisa tertawa menikmati pertunjukan si kecil.

Ada lagi permainan lainnya, berbahan kayu dan seharusnya disusun dan akan berbentuk sebuah roket, tapi di tangan si kecil, fungsinya diubah menjadi wadah makanan. Lagi-lagi saya tertawa dibuatnya. Bagi saya menemaninya bermain dan membiarkan berkreasi ala caranya sendiri akan membuatnya lebih gembira. Jadi saat ini, yang saya lakukan adalah berusaha melakukan segala peran saya sebagai ibu yang masih butuh banyak belajar.

Saya tidak perlu membanding-bandingkan kemampuan anak saya dengan anak lainnya,dan tidak perlu memaksakan pola asuh yang menuntut anak menjadi cerdas, namun terkesan memaksa. Setiap anak adalah unik, dan cerdas dengan gaya mereka.

Note: Saat si kecil bermain, saya tidak boleh terlihat memegang gadget di depannya, jadi tidak bisa foto. Kapan-kapan  aja yah foto mainannya. Hihi

#tantanganHariKe4
#kuliahBunSayIIP3
#gameLevel3
#kamiBisa

Like