Hari kedua tantangan games level 3. Hari ini saya ketemu artikel yang bisa disesuaikan dan diaplikasikan pada games, yaitu melatih kecerdasan anak usia 1 tahun ke atas. Artikel lengkapnya bisa dilihat di sini, saya juga merangkum beberapa poin yang akan saya aplikasikan bersama si kecil.

Memotivasi diri sendiri (dari usia 1 tahun).
Berlatih menghadapi kesulitan, terbangun mentalitas anak yang kuat, yakni tidak cengeng, tidak menyerah menghadapi kesulitan. Contoh sederhana ketika anak belajar jalan dan ia jatuh, ibu merespon, “Ayo bangun lagi..” Dengan begitu anak akan berusaha bangkit tanpa menangis. Jika Anda langsung menolong, ia cenderung menangis karena dengan menangis ia yakin Anda tidak akan melepaskannya lagi.
Belajar tanggung jawab, ketika anak lelah bermain dan ingin segera makan, arahkan ia untuk membereskan mainannya dahulu baru makan.
Memberi kesempatan mencoba dan mengajarkan kemandirian. Pola pengasuhan yang serba melayani kebutuhan anak, membuatnya tak cepat mandiri. Beri dia  motivasi untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Tegaskan ia mampu. Jika gagal, dorong balita untuk mencoba lagi.

Pandai membina hubungan (bisa diajarkan mulai usia 1 tahun).
Jangan membatasi lingkungan bermain. Biarkan anak bermain dengan siapa saja yang disukainya.
Orang tua perlu mendampingi anak, terutama jika memasuki lingkungan baru. Namun bukan berarti harus selalu berada di sebelah anak, setidaknya ada di sekitarnya. Ini penting mengingat anak belum mampu menilai ”benar” dan ”salah”.
Mengajak kumpul-kumpul acara keluarga atau teman-teman seperti acara ulang tahun anak teman atau sepupu. Dengan begitu balita kenal anak-anak dan keluarga lain.

Nah, dari beberapa poin di atas, saya akan melanjutkan aktivitas harian yang sememangnya sudah berjalan dan sesuai dengan pola perkembangan serta skema pelatihan seperti di atas. Hanya saja selama ini belum terarah sesuai dengan tantangan games level 3. So, here we go!

Yang menjadi fokus tantangan kali ini adalah menghadapi emosi si kecil yang sangat aktif sehingga kurang sabar ketika apa yang ia kerjakan tidak berhasil sesuai harapan.

#tantanganHariKe2
#kuliahBunSayIIP3
#gameLevel3
#kamiBisa

Like