“If there is no struggle, there is no progress.”

Frederick Douglass

Apa kabar anak bunda setelah menjalani program latihan kemandirian?

Ya, tentunya masih berlanjut. Saya senang sekali ketika mendapati usaha yang sudah dilakukan tidak sia-sia. Saat ini Afif sudah hafal beberapa instruksi yang diberikan oleh papa dan bundanya. Misalnya makan sambil duduk, minum sambil duduk dan meluruskan kaki saat duduk, menutup pintu kamar dan mengapresiasi dirinya sendiri ketika ia berhasil melaksanakan apa yang diminta oleh orang tuanya. Contohnya ketika saya memintanya menutup pintu kamar, ia segera menutupnya dan ketika berhasil, ia langsung bertepuk tangan sambil tersenyum dan kemudian melanjutkan kembali kegiatannya.

Nah bagaimana dengan tantangannya?

Tentu saja ada. Afif tidak selalu segera mengikuti perintah orang tuanya mengenai pelatihan ini, apalagi jika ia sedang sibuk bermain atau saat sedang rewel. Ada juga pelatihan yang belum sepenuhnya berhasil, tapil lucu. Jadi, Afif ini masih suka memindahkan makanan yang ia makan ke tangan kiri, nah kami selalu pula menuntunnya memindahkan kembali ke tangan kanan. Tapi kemarin saat kejadian yang sama, papanya menyuruh Afif menggunakan tangan kanan, namun yang terjadi Afif malah segera duduk, meletakkan makanan ke lantai dan langsung bertepuk tangan. Tentunya kami spontan tertawa.

Games ini sangat membantu saya dalam mendidik anak di masa kecilnya, dan pelatihan ini akan terus berlanjut serta bila saatnya tiba, latihan ini akan dikolaborasikan dengan komunikasi produktif. Bayangan saya, penerapan dua hal itu akan lebih efektif.

Oh iya, ada lagi hal penting dalam mengerjakan tantangan pada games level 2 ini. Konsistensi. Konsistensi tidak hanya menuai hasil, tapi juga ada bonus apresiasi. Saya telah mengerjakan tantangan ini selama 15 hari, dan pada games kali ini saya kembali mendapatkan bagde OP. Terimakasih keada tim IIP atas reward yang diberikan.

Like