Pagi hari ini dimulai seperti biasa. Pukul 06.00, saya masih asyik di dapur dan tak lama kemudian terdengar  teriakan kecil dari kamar memanggil “Adaa” (panggilan untuk bunda) yang kemudian disusul suara pintu yang digedor semakin kencang. Akhirnya pintu dibukakan papahnya dan Afif melenggang ke dapur mencari Ada. Setelah mendapat pelukan dan ciuman, ia melanjutkan aksi minta dibukakan kulkas. Baiklah, silahkan Afif bekerja, kerjaan Adaa juga belum selesai.

Selama saya menyiapkan sarapan, Afif juga asyik dengan puding susu dan coklat yang bukannya dimakan, tapi malah dibenyek-benyekin ke lantai. Saya biarkan saja selama itu masih aman, hitung-hitung melatih motorik halus serta memenuhi keingintahuannya tentang tekstur berbagai benda. Kemudian suamiku menyusul ke dapur dan mengajak Afif mandi.

Setelah mandi, kami sarapan bersama, dan seperti biasa, Afif makan dengan piringnya sendiri. Pagi ini isi piringnya dominan dengan potongan kentang goreng yang dibumbui kecap manis dan udang kecil, buncis dan wortel. Hampir semua dimakan, kecuali nasi. Posisi makanpun harus diingatkan berkali-kali karena ia menjongkok. Ada saja yang ingin dikerjakan selagi makan, namun ia mengerti ketika orang tuanya meminta duduk. Menuruti sebentar kemudian pergi lagi mengambil mainan dan kembali makan atau minum.

Agenda pagi selesai, suami bersiap berangkat ke kantor, dan Afif bersiap pula mengambil gendongan karena mengira pakaian papa yang rapi memiliki arti akan mengajaknya pergi. Afif tau betul apa yang harus ia lakukan ketika melihat orang tuanya berpakaian rapi, jika bunda yang rapi,  ia akan mengmbil gendongan berjenis pouch, dan jika papa yang lebih dahulu rapi, maka ia akan mengambil i-angel (SSC).

Setelah mengetahui bahwa Afif tidak diajak pergi, maka ia pun menangis. Beruntung tidak sampai mengamuk dan cenderung mudah dibujuk dan dialihkan dengan mainannya.

Terimakasih untuk hari ini ya nak, bunda tau Afif sedang berproses menjadi anak pintar dan sholeh. Semoga bunda mampu menjadi ibu yang baik untukmu ya sayang…

#Harike5
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Like
1