Pada tantangan hari kedua ini, saya akan menentukan 4 latihan sederhana untuk afif. Hari ini pula saya sempat membaca kembali artikel yang berkaitan dengan latihan kemandirian anak. Dari hasil bacaan tersebut, saya akan menentukan 4 latihan sederhana untuk menunjang perkembangannya. Di antarnya adalah:

  1. Makan sambil duduk dan menggunakan tangan kanan.
  2. Minum sambil duduk dan menggunakan gelas.
  3. Menerima pemberian dengan tangan kanan.
  4. Menjadi role model dan mencontohkan hal-hal baik (untuk orang tua).

Pada dasarnya sudah terlihat kemandiriannya untuk melakukan banyak hal, namun karena usia dan keterbatasan fisik, maka orang tuanya mesti senantiasa ada di dekatnya untuk mengawasi dan mengarahkan perilakunya.

Hari ini Afif lebih banyak bermain di halaman rumah, apalagi rumput baru dipotong. Melihat tukang potong rumput menyapu halaman, ia pun ingin turut melakukannya. Tanpa disadari haripun sore, sudah saatnya mandi, dan yang terjadi Afif tantrum karena tidak mau berhenti main. Akhirnya suami berhasil mengalihkan perhatiannya dengan cara didudukkan di atas mesin cuci, Afif selalu suka melihat mesin cuci bekerja, tapi tadi sore mesinnya sedang mati.

Terlihat wajah yang lelah bermain, segera kuberi minum sambil menunggu suhu dingin agar bisa dimandikan. Nah saya memanfaatkan momen tersebut untuk melatihnya minum dengan gelas. Awalnya ia minum, kemudian sedikit tumpah dan akhirnya tangannya yang dimasukkan ke dalam gelas.

Ok, anakku. Anggap saja ini baru permulaan.

#Harike2
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Like