Bismillah…

Tantangan games level 2 dimulai… “jreng jeeeng..!”

Pada tantangan kali ini, temanya adalah “Melatih Kemandirian Anak.” Sebelum memulainya, yang perlu saya lakukan adalah mengamati perilaku anak dengan seksama, karena tentunya ada beberapa perilaku yang patut diperhatikan untuk kemudian ditindaklanjuti jika diperlukan.

Pada hari ini, tepat tanggal 30 November, putra kecil saya yang bernama Afif Z.A. menginjak usia 1 tahun 4 bulan. Nah, bagaimanakah pola perkembangannya saat ini? Apa yang perlu dilatih untuk mengotimalkan kemampuan dan daya pikirnya? Itu yang sedang dan terus saya amati dan pelajari. Meskipun secara kasat mata kita bisa melihat dan menilainya.

Afif adalah anak yang aktif dan sehat, Alhamdulillah… Ia tidak bisa diam, setiap hari ada saja hal-hal yang membuat kedua orang tuanya takjub, sebagaimana yang dirasakan orang tua pada umumnya. Rasa ingin tahunya tinggi dan sekilas ada beberapa hal yang ingin ia lakukan sendiri, yaitu berbagai hal yang ia lihat dalam keseharian orang tuanya. Dari mulai bangun pagi, di dapur memasak, mencuci, menyapu, membersihkan tempat tidur, memotong kuku, membersihkan telinga dan hampir semua yang ia lihat, sangat ingin ditiru olehnya.

Sementara ini yang sudah sering ia lakukan sendiri adalah makan dan minum sendiri. Afif sering menolak ketika disuapi, apalagi jika ia sedang asyik bermain, namun jika kedua orang tuanya makan, ia mendakat dan mengambil sendok yang sedang kami pakai. Nah, dengan begitu kami berinisiatif mengajaknya makan bersama sedangkan Afif menggunakan piring dan sendok sendiri. Apakah itu berhasil? Pastinya tidak secepat itu. Awalnya memang dimakan dan lagi-lagi menakjubkan bagi kami, namun beberapa saat  setelah itu makanan dihambur-hamburkan ke lantai, piring dibalik dan air minum digoncang-goncang agar tumpah melalui lubang kecil pada botol minum tersebut. Suami sambil tersenyum dan berkata. “Biarin, biarin aja dia belajar.”

Begitulah yang terjadi beberapa minggu ini, dan ternyata melatih itu harus bersabar, karena tidak ada usaha yang sia-sia. Beberapa hari ini Afif sudah tidak membalikkan piring seperti sebelumnya, walaupun lebih suka menggunakan tangan dari pada sendok.

Let’s play the game, my boy!

#Harike1
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Like